Nanoteknologi

Peradaban manusia telah mengalami perubahan yang mendasar seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memasuki abad millennium ini telah banyak ditemukannya berbagai penemuan baru, salah satunya adalah Nanoteknologi.

www.kiosmedia.com
 Dengan Nanoteknologi mampu menyusun molekul atau partikel yang sangat kecil

Apakah Nanoteknologi ?. Nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat-sifat suatu objek atau material dalam sekala nanometer (1 nm = 1/1.000.000 mm = (1/1.000.000.000 m). Bisa dipahami bahwa 1 per 1.000.000.000 meter adalah sebuah ukuran yang sangat kecil sekali.

Perbandingan antara 1 meter dengan 1 nanometer adalah seperti halnya perbandingan anatara bola bumi dengan bola pingpong. Nanoteknologi telah diyakini akan dapat menyelesaikan seluruh permasalahan teknologi di masa mendatang. Kini manusia memimpikan dapat membuat mesin nano yang dapat menciptakan segala material yang diinginkan. Dari sebuah ensiklopedia (Encrta) divinisikan sebuah robot nano (Nanobots) yang dapat memasuki pembuluh darah manusia untuk membersihkan pengotor atau membunuh penyakit, mesin nano yang dapat membuat material apa saja guna mengobati pasien. Bahkan para ilmuan nanoteknologi telah mendesain mesin nano yang dapat menyusun atom demi atom atau molekul demi molekul menjadi material yang sesuai dengan program yang telah dimasukkan.

Jadi nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengontrol zat, material dan sistem pada sekala nanometer, sehingga menghasilkan fungsi baru yang belum pernah ada, Yang menurut Prof. T. Kawai sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyusun satu persatu atom atau molekul, sehingga tercipta dunia baru.

Sebagai contoh, perkembangan nanoteknologi dalam dunia komputer telah mengubah tidak hanya ukuran komputer semakin ringkas, namun juga peningkatan kemampuan dan kapasitas yang luar biasa, sehingga memungkinkan penyelesaian program-program raksasa dalam waktu singkat. Seperti halnya komputer, produk handphone telah di upgrade sedemikian rupa dengan nanoteknologi sehingga berharga lebih murah dengan kemampuan dan kapasitas yang jauh lebih baik.

www.kiosmedia.com/2014/04/nanoteknologi.html

Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang biokimia, fisika, mikroskopi dan rekayasa teknik pada dasawarsa terakhir telah berhasil menguak sifat-sifat menakjubkan dari partikel berukuran nano beserta potensi aplikasi pada berbagai produk, Inovasi teknologi nano telah dimungkinkan untuk dilakukan rekayasa partikel super mini seperti dendrimer, quantum dot, nanoshell, nanotube dan lain sebagainya. Sekarang ini diketahui lebih dari 1000 produk berbasis nanoteknologi telah masuk ke pasar antara lain plastik kemasan, pasta gigi, kosmetik, baju anti noda, cat moobil anto gores dan peralatan elektronik.

Penelitian di berbagai bidang tengah mengeksploitasi pemanfaatan dan penerpan nanoteknologi, tidak kecuali bidang pertanian dan pangan. Perkembangan di dunia pertanian telah menghasilkan berbagai mesin dan teknik baru yang diterapkan pada proses produksi, paska panen dan pengolahan hasil pertanian dan peternakan. Nanoteknologi dipandang sebagai teknologi revolusioner abad ini, diprediksi akan memberikan dampak pada segala sektor, termasuk pada industri pertanian. Penerapan nanoteknologi pada bidang pertanian memiliki potensi untuk merevolusi industri pertanian (agroindustri) secara radikal.

Penulis