Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Krisis ekonomi yang melanda dunia, isu efek rumah kaca atau global warming dan menipisnya ketersediaan bahan bakar asal fosil mendorong produsen mobil untuk menciptakan mobil dengan bahan bakar alternatif. Dari mobil listrik, bahan bakar hibrid sampai mobil  berbahan bakar hidrogen.

www.kiosmedia.com


Bahan bakar hidrogen sangat menjanjikan untuk bahan bakar alternatif dimasa mendatang. Hidrogen dengan simbol H mempunyai nomor atom 1 merupakan bahan yang sangat melimpah disediakan oleh alam yaitu sekitar 75 % dari total unsur alam semesta. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar. Dengan massa atom 1,00794 amu, hidrogen adalah unsur teringan di dunia.

Hidrogen  dapat dihasilkan dari air melalui proses elektrolisis, namun proses ini secara komersial lebih mahal daripada produksi hidrogen dari gas alam. Isotop hidrogen yang paling banyak dijumpai di alam adalah protium, yang inti atomnya hanya mempunyai proton tunggal dan tanpa neutron. Senyawa ionik hidrogen dapat bermuatan positif (kation) ataupun negatif (anion). Hidrogen dapat membentuk senyawa dengan kebanyakan unsur dan dapat dijumpai dalam air dan senyawa-senyawa organik. Hidrogen sangat penting dalam reaksi asam basa yang mana banyak reaksi ini melibatkan pertukaran proton antar molekul terlarut. Oleh karena hidrogen merupakan satu-satunya atom netral yang persamaan Schrödingernya dapat diselesaikan secara analitik, kajian pada energetika dan ikatan atom hidrogen memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan mekanika kuantum.

Honda  merupakan salah satu dari lima produsen yang telah setuju untuk menggunakan sel bahan bakar hidrogen di beberapa lokasi di Eropa dan mengembangkan cluster baru stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Para produsen motor yang merupakan bagian dari proyek ini bekerja pada pengembangan dan mendemonstrasikan kendaraan hidrogen . Teknologi canggih ini menggunakan gas hidrogen plus oksigen dari atmosfer untuk menghasilkan tenaga listrik tanpa emisi knalpot berbahaya  dan hanya menghasilkan uap air.

Kendaraan-kendaraan hidrogen memiliki potensi lebih hemat bahan bakar dua kali dari kendaraan-kendaraan konvensional  dan beroperasi lebih sunyi. Teknologi ini memungkinkan kita mengisi bahan bakar lebih cepat dan mobil dapat menjelajah sejauh 600 km sebelum diisi ulang. Rekor kecepatan kendaraan berbahan bakar hidrogen mencapai 333,38 Km per jam yang dicobapakai mobil Ford Fusion Hydrogen 999. Dan Honda juga memiliki kendaraan hidrogen FCX Clarity yang diluncurkan pada 2008 dan beroperasi di Jerman. Pada 2016, Honda akan memasarkan generasi selanjutnya dari FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle).