Tips Aman Ketika Mudik Lebaran

Dalam perjalanan jalur mudik lebaran yang panjang dan melelahkan membutuhkan persiapan yang matang agar mudik kita menjadi aman dan nyaman. Sebagian orang mudik ada yang menggunakan angkutan umum seperti Bus dan Kereta Api. Sebagian yang lain menggunakan kendaraan pribadi mobil ataupun sepeda motor. Perjalanan mudik banyak dilakukan disaat kita masih menjalankan ibadah puasa, walaupun ada hadist yang menjelaskan berbukanya atas musyfir atau orang yang dalam perjalanan.

ww.kiosmedia.com

Dibawah ini adalah Tips sebelum kita melakukan perjalanan Mudik Lebaran baik menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi :.
  1. Sebelum mudik kita lakukan Service Total pada kendaraan kita, ganti oli, air radiator, accu, kampas rem, spooring dan balancing, kondisi ban, kemudi serta Kelengkapan Surat Kendaraan.
  2. Persiapkan kelengkapan keselamatan kendaraan seperti helm, sabuk pengaman dan jaket.
  3. Persiapkan keamanan barang kita terutama yang menggunakan angkutan umum dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Paketkan Barang tersendiri agar kita tidak repot
  4. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan, dengan tidur yang cukup akan menghindarkan kita mengantuk pada saat perjalanan dan mempersiapkan tubuh untuk melakukan perjalanan jauh.
  5. Makan Saur, Apabila dalam perjalanan mudik kita tetap menjalankan ibadah puasa, diusahakan jangan melewatkan makan saur, karena akan berpengaruh terhadap asupan nutrisi ketika kita berpuasa dan melakukan perjalanan jauh.
  6. Perbanyak minum, pada malam hari sebelum melakukan perjalanan mudik untuk menghindari terjadinya dehidrasi ketika panas dalam perjalanan.
  7. Makan makanan yang cukup nutrisi sebelum melakukan perjalanan mudik, Orang-orang yang berpuasa sangat disarankan untuk menyeimbangkan asupan gizi makanan, yang terdiri dari sayuran, daging kaya protein, susu, dan yoghurt. Selain itu, usahakan menghindari makanan berlemak dan berminyak, seperti junk food.
  8. Menghindari minuman yang mengandung kafein, muinuman berkafein seperti kopi, teh, cola, dan beraneka soft drink saat berbuka maupun sahur. Kafein memiliki sifat diuretik yang memicu dehidrasi. Selain itu, teh juga meningkatkan ekskresi garam dalam urine, yang justru sangat dibutuhkan tubuh ketika berpuasa.
  9. Banyak beristirahat, Dalam perjalanan hendaknya jangan memaksakan diri apabila kita sudah merasa lelah, dapat beristirahat di pos istirahat yang telah disediakan.Dan mematuhi setiap rambu-rambu lalu lintas dalam perjalanan.
  10. Berbuka puasa dengan perlahan, ketikan masih diperjalanan, karena apabila terlalu kenyang bisa menyebabkan ngantuk ataupun muntah, sebaiknya mengkonsumsi makanan ringan seperti kurma dan lainnya.
Demikian Tips ketika kita akan melakukan perjalanan mudik lebaran, agar perjalanan kita aman dan lancar sampai tujuan.