Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gastritis merupakan penyakit yang disebabkan adanya produksi asam lambung yang berlebihan. Pada kondisi normal Asam lambung berguna untuk mencerna makanan secara kimiawi dan membunuh kuman penyakit. Dengan produksi asam lambung yang berlebihan menyebabkan mukosa lapisan dinding lambung terjadi luka atau gastritis.

www.kiosmedia.com

Produksi asam lambung yang berlebihan dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar asam tinggi secara berlebihan dan dapat juga diakibatkan adanya stress. Dengan terjadinya stress maka akan diproduksi hormon adrenalin yang akan memacu produksi asam lambung.

Penyakit asam lambung dapat disebabkan adanya iritan lokal, seperti halnya mengkonsumsi kafein, alkohol, aspirin dan toksin bakteri. makanan seperti lada, cuka dan mustrad juga dapat menjadi iritan lokal, Kebiasaan mengkonsumsi makanan diatas secara berlebihan dan jangka panjang akan menyebabkan penyakit asam lambung menjadi akut bahkan dapat menjadi kronis.

Gejala klinik yang terjadi yaitu adanya mual, nyeri di lambung, kembung, muntah-muntah, apabila sudah kronis dapat terjadi perdarahan pada lambung dan muntah darah. Terjadi nyeri  pada ulu hati seperti terbakar di bagian atas perut yang terjadi karena asam lambung berlebih mulai bergerak naik menuju kerongkongan atau esofagus.

Kembung terjadi karena adanya gas dalam jumlah berlebih di lambung atau usus, akibatnya perut terasa kencang, Gejala dapat hilang apabila penyebab dapat dihilangkan. Pengobatan untuk penyakit asam lambung dapat dilakukan, apabila dalam tahap belum parah bisa diberikan obat anti maag yang tersedia, dapat juga diberikan obat anti muntah dapat membantu menghilangkan mual dan muntah, Apabila terjadi muntah terus-menerus dapat diberikan infus intravena dan pemberian antasid. Sebelum mencapai stadium akut bahkan kronis sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Dan pada hakekatnya pencegahan lebih baik dari pada pengobatan, dengan pola makan dan hidup sehat akan menghindarkan kita dari penyakit asam lambung.