Budidaya Nata Decoco

Nata Decoco merupakan hasil produk olahan dari media Air Kelapa dengan proses fermentasi. Dalam proses fermentasi disini melibatkan bacteri Nata yaitu bacteri Acetobacter xylinum yang merupakan bakteri selulosa. Bakteri Nata mampu mengubah zat gula atau glukosa menjadi selulosa atau serat.

www.kiosmedia.com


Di alam bebas, bakteri ini banyak dijumpai terutama pada buah yang membusuk, seperti Nanas dan buah-buahan lainnya. Untuk membuat Nata Decoco kita membutuhkan bakteri ini. Kita dapat memancing langsung bakteri ini dengan media yang telah disiapkan, namun hal ini sulit dilakukan karena membutuhkan pengetahuan khusus. Untuk mudahnya kita dapat membeli bakteri ini ketempat pengolahan Nata Decoco yaitu sering disebut Bibit Nata Decoco.

Bibit ini merupakan media Air kelapa yang sudah difermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum. Bibit ini dapat diperbanyak untuk stock dan bahan fermentasi media air kelapa. Dalam pembuatan Nata Decoco ini kita menggunakan wadah yaitu Loyang untuk menyimpan media Air kelapa yang sudah diolah kemudian di campur dengan Bibit Nata tadi.

www.kiosmedia.com

Pembuatan Bibit untuk diperbanyak :
Bahan :
Air Kelapa : 100 liter
Gula Pasir  : 400 gram
Urea / ZA  : 600 gram
Cuka Bibit : 200 ml

Cara Pembuatan :
Air kelapa terlebih dahulu dimasukkna kedalam wadah atau panci besar, dan direbus atau disepan sampai mendidih. Air kelapa sambil direbus kemudian disaring busa dan kotoran yang muncul keatas, dalam perebusan ini harus diperhatikan kebersihannya dan benar-benar matang, karena Air kelapa dapat dicemari kotoran yang dapat menimbulkan jamur. Setelah mendidih biarkan selama 30 menit, kemudian masukkan bahan-bahan diatas dan diaduk sampai rata.

Setelah 30 menit kemudian kompor dimatikan agar adonan air kelapa dingin, seteh dingin kemudian, air kelapa dimasukkan kedalam botol untuk dijadikan bibit dan disimpan selama 1 minggu sampai muncul nata di permukaan leher botol.

Budidaya Nata Decoco
Pembuatan Nata Decoco :
Bahan :
Air Kelapa : 100 liter
Gula Pasir  :  400 gram
Urea / ZA  :  300 gram
Cuka Bibit :  100 ml

Cara Pembuatan :
Pembuatan sama seperti pembuatan Bibit, Air Kelapa direbus dan seterusnya. Untuk pembuatan Nata, setelah Air Kelapa hasil rebusan sudah masak kemudian dalam kondisi panas dituangkan kedalam loyang dan ditutp menggunakan kertas koran yang sudah dibersihkan dan diikat menggunakan karet gelang. loyang ditumpuk keatas maksimal 10 tumpukan menjaga agar tidak tumpah. Kemudian setelah dingin adonan air kelapa dalam loyang di tetesi atau di tuangkan dan dicampur dengan bibit dalam botol. satu botol bibit dapat untuk dicampurkan kedalam 4 loyang.

www,kiosmedia/2014/02/budidaya-nata-decoco.html

Setelah satu minggu maka Nata decoco sudah jadi.dan kita ambil dan disimpan dalam drum yang besar dan diisi air. Nata decoco tidak kuat disimpan terlalu lama, karena akan mengalami kehancuran atau tumbuh jamur. Untuk itu sebaiknnya lansung diolah setelah pemanenan.

Penulis