Hasil MotoGP Jepang Marc Marquez dipastikan Juara Dunia MotoGP 2016

Pertarungan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang pada minggu 16 Oktober 2016, sebagai penentu kemenangan di musim MotoGP 2016. Hasil MotoGP Jepang Marc Marquez dipastikan Juara MotoGP 2016. Setelah terjadi duel maut dengan dua insiden yang terjadi yaitu terjatuhnya Valentino Rossi pada lap ke-3 dan Jorge Lorenzo pada lap ke-17.

www.kiosmedia.com

Di Sircuit Motegi Valentino Rossi menempati Start pertama Pool Position kemudian Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dibelakangnya. Terjadi duel seru pada lap pertama antara antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Di lap ini Jorge Lorenzo berhasil menempati posisi paling depan kemudian Marc Marquez dan Valentino Rossi. Rossi sempat tiga kali melakukan counter attack dan berhasil melewati Marc Marquez, namun Marc selalu dapat mengambil posisinya kembali. Pada Lap 2 Marc Marquez berhasil mendahului Jorge Lorenzo menempati posisi pertama.

Kemudian pada lap ke-3 Valentino Rossi berhasil mendahului Jorge Lorenzo, Namun tidak lama kemudian sial menerpa Rossi karena harus terjatuh pada tikungan. Sehingga Lorenzo menempati posisi ke-2 hingga lap ke-17 menyusul Valentino Rossi terjatuh. Dengan demikian posisi balapan dengan urutan Marc Marquez, Andrea Dovisioso Ducati, Maverick Vinales Suzuki dan Aliex Espargaro dari team Suzuki ECSTAR, bertahan hingga finish.

Dengan demikian sudah dapat dipastikan Marc Marquez menjadi Juara MotoGP 2016 walaupun masih 3 Sircuit tersisa yaitu Australia, Malaysia dan Valencia. Karena dengan kemenangan ini Marc menambah piont 25 menjadi 273 point, sedangkan Valentino Rossi 196 point disusul kemudian Jorge Lorenzo 182 point.

www.kiosmedia.com

Di tahun ini Valentino Rossi harus rela melepas podium tertinggi MotoGP 2016. Walaupun demikian GP Mania sangat salut dengan penampilan Valentino Rossi yang masih konsisten walaupun sudah 20 tahun di MotoGP dan menjadi Raider tertua dengan usia 37 tahun. Di tahun depan tentunya masih banyak terjadinya kejutan dengan persaingan yang lebih seru dengan hadirnya Maverick Vinales di Yamaha, ataupun ada kejutan dari Raider baru lainnya.