Tips Memilih Daging Yang Sehat

Ketika bulan Ramadhan tiba dan menjelang hari Raya Idul Fitri konsumsi produk asal ternak terutama daging mengalami kenaikan yang sangat pesat. Hal ini mengakibatkan kenaikan pada harga daging, baik daging sapi maupun ayam. Para pedagang yang tidak bertanggung jawab sering memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjual daging dengan kualitas yang tidak layak konsumsi, baik dikarenakan kondisi daging yang sudah rusak atau adanya campuran zat berbahaya dalam daging, Untuk itu perlu trik khusus agar kita tidak salah dalam memilih daging yang kita beli.

www.kiosmedia.com

Tips memilih daging yang sehat, Hal pertama yang harus didapatkan adalah kehalalan daging yang akan kita konsumsi, hal ini bisa kita dapatkan dari informasi RPH atau Rumah Potong Hewan yang mensuplai daging sebelum dipasarkan terutama untuk daging sapi sedangkan daging ayam lebih baik kita dadakan memotong dipasar atau memotong sendiri dirumah.

Kedua, dalam memilih daging kita lihat warna dari daging tersebut. daging yang masih segar berwarna merah segar, tidak pucat dan kotor. Untuk warna daging sapi lebih gelap dan domba lebih berwarna putih.

Ketiga, Tekstur daging lebih kenyal, apabila kita tekan sedikit maka akan kembali kebentuk semula. Pemakain bahan pengawet seringkali membuat daging busuk menjadi kenyal namun untuk daging yang diberi zat tertentu akan kenyal dan mendekati keras.

Keempat, Aroma yang khas, Daging sapi yang masih segar akan berbau khas sapi, apalagi daging domba, sedangkan daging yang busuk akan berbau busuk atau apabila menggunakan zat tertentu daging tidak berbau atau berbau zat lain, dan tidak adanya lalat disekitar daging,

Kelima, Daging yang baru terdapat cairan seperti darah dan cairan berwarna bening. Apabila daging yang sudah lama biasanya akan kering dan kesat.

Keenam, Untuk daging sapi yang tidak sempurna dalam pemotongannya akan terdapat darah menggumpal di daging, sedangkan untuk daging ayam akan terdapat bengkak kebiru-biruan pada daging, sehingga daging cepat membusuk.

Ketujuh, Dilakukan pemeriksaan di Laboratorium, dan hasilnya akan lebih bisa dipertanggung jawabkan.
 
Demikianlah Tips ketika membeli daging agar tidak salah membeli daging yang sudah busuk atau daging yang dicampur dengan bahan pengawet seperti formalin dan lain sebagainya.